Sabtu, 29 Desember 2012

SEJARAH HONDA CB

MIMPI TIADA AKHIR
Dipostkan oleh : customcb 69
Sabtu,29 Desember 2012  pukul 15:00 WIB

Honda CB100

Ada Puluhan seri, ratusan model dan ribuan tipe motor produksi Honda yang produksinya telah menyebar keseluruh dunia. Dari puluhan seri tersebut, Seri CB ( CB series) merupakan salah satu seri yang terbanyak di produksi baik dari segi model dan seri maupun kuantitasnya.


Ada yang mengatakan kalau CB merupakan singkatan dari  CITY/ COMMUTER BIKE, tapi banyak juga pendapat lain. Saya pun coba menanyakan hal tersebut ke PT. Astra Honda Motor, Jawaban Ahmad Muhibbuddin, dari Corporate Communitation Departement PT. Astra  Honda Motor menuturkan kalau sampai artikel ini di publikasikan pihak AHM belum mengetahui apakah kepanjangan CB itu.
Ragam Model CB sangatlah variatif. Kenyataannya CB bukanlah hanya menjadi motor kumuter (dalam kota) tapi ada juga yang merupakan motor penjelajah, bahkan beberapa tipe CB yang di produksi untuk kepentingan balap.
Mesinnya mulai dari yang bersilinder tunggal seperti keluarga CB100 dan CB125, yang populer di Indonesia hingga multisilinder seperti CB750 yang fenomenal di Amerika Serikat. Patut di garis bawahi, semua keluarga CB menganut konfigurasi mesin segaris, kecuali yang bersilinder tunggal tentunya.
Begitu Banyak model CB diciptakan Honda. Tujuannya agar model tersebut bisa diterima di negara-negara yang menjadi sasaran penjualan mereka. Kan setiap negara memiliki jaringan infrastruktur jalan, kualitas bahan bakar sampai kultur masyarakat yang berbeda-beda. Nah model yang dipilih tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi-kondisi tersebut di atas. Yang jelas mimpi Honda tak akan pernah berakhir.
Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin  4 tak dengan kapasitas 90cc.  Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).  
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;
PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.
PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi peredam kejut
PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin sepeda motor
PT Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston
Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan di-merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham 50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.
Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;
Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang berfungsi sebagai kantor pusat.
Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.
Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi.  Pabrik ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda motor di Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya.  Pada tingkat dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di Cina dan India.
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara.  Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc.  Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi.  Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972.  Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.

Berikut rangkuman garis besar kronologi produksi Honda CB yang layak jadi catatan sejarah dunia. 

Sumber :




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar